Monitoring dan Evaluasi Beban Kerja Dosen di IAIN Palangka Raya

Palangka Raya – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Palangka Raya adakan rapat pembahasan dan penyusunan Pedoman Beban Kerja Dosen (BKD) tahun 2017, pada Selasa siang (31/01) di ruangan rapat rektorat kampus tersebut.

Rapat BKD yang diikuti sebanyak 30 orang lebih yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Kepala Biro AUAK dan anggota dari assessor BKD itu sendiri.

Ketua Tim BKD IAIN Palangka Raya Luqman Baehaqi, S.S., M.Pd mengatakan tujuan dari rapat ini untuk melakukan penataan dan monitoring BKD.

“Tujuanya untuk mensosialisasikan pedoman beban kerja dosen, melakukan penataan sistem peningkatan kinerja dosen dan monitoring serta evaluasi SDM Dosen di IAIN Palangka Raya”. ungkap Luqman.

“Kalau kita tidak melakukan monitoring dan evaluasi kita tidak tahu sejauh mana produktivitas dosen yang ada di IAIN Palangka Raya. sehingga BKD ini harus dilaksanakan dan bagian dari tuntutan standar pendidikan nasional”. tambahnya.

Selain itu Ia mengatakan bahwa perubahan mengenai BKD dari pusat akan cepat melakukan revisi.

“Kita merevisi setiap tahun karena perubahan dari pusat itu harus kita sikapi. Perubahan yang kadang 2 tahun sekali atau 1 tahun sekali yang pasti kita menyesuaikan peraturan pusat, apabila terjadi perubahan kita revisi”. kata Luqman.

Luqman mengatakan pada saat sekarang standar yang digunakan mengacu pada standar minimum dari pusat.

“Kita mengacu  pada standar minimum dari pusat dan melihat pedoman turunannya yang sudah terpenuhi dan tercapai. Di masa mendatang standar itu bisa kita tingkatkan tergantung persaingan. Missal dosen menerbitkan karya ilmiah internasional dalam satu tahun akedemik atau mempublikasikan jurnal ilmiah ini merupakan bagian dari standar yang kita proyeksikan  di masa mendatang”. tegasnya.

Dengan adanya rapat tersebut Luqman mengharapkan produktifitas dosen semakin tinggi.

“Harapanya produktifitas dosen semakin tinggi dan kita dapat melakukan pendataan, kerena pendataan dosen itu dilihat dari 3 aspek tri dharma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat”. ungkapnya.

Tinggalkan Balasan