Studi Banding di IAIN Bone: LPM IAIN Palangka Raya Belajar Tentang Pengembangan Sistem Pengelolaan Mutu Berbasis Online

Bone – Jum’at 11 Desember 2020, rombongan LPM IAIN Palangka Raya disambut langsung oleh Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. A. Nuzul, S.H., M.Hum. didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Nursyirwan , S.Ag., M.Pd. dalam rangka benchmarking di LPM IAIN Bone. Turut hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Dr. Muslihin Sultan, S.Ag.,M. Ag, Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Dr. Samsinar, S.Ag., M.Hum serta seluruh tim LPM IAIN Bone.

“Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ibarat satu tubuh. Sudah seharusnya saling mendukung ke arah yang lebih baik. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang berada di masing-masing PTKIN adalah jantung perguruan tinggi sebab LPM memiliki tugas pokok yaitu menjamin pengelolaan mutu kampus agar berjalan sebagaimana mestinya”, ungkap Rektor IAIN Bone saat memberikan sambutan. Dalam kesempatan ini, LPM IAIN Bone juga melaunching video profil LPM yang dapat diakses di link https://youtu.be/aXoQvm78hGI.

Dr. Ridwan, M.Pd., Ketua LPM IAIN Bone saat berbagi pengalaman dalam mengelola mutu kampus IAIN Bone. Rombongan dari LPM IAIN Palangka Raya tampak serius menyimak paparan yang disampaikan.

“Komitmen Pimpinan di IAIN Bone terhadap pengembangan mutu kampus sangat serius. Hal ini dapat dilihat dari pengalokasian dana BOPTN sebesar 6% kepada LPM untuk dikelola sebagaimana mestinya. Pimpinan juga seringkali hadir dalam setiap kegiatan persiapan Akreditasi Program Studi (Prodi) di lingkungan IAIN Bone”, terang Dr. Ridwan, M.Ag., Ketua LPM IAIN Bone.

Saat ini LPM IAIN Bone mengembangkan 2 aplikasi terpadu, online, terintegrasi dan dapat diakses secara lokal maupun di luar kampus. Dua aplikasi tersebut adalah “Si Pe Da TI” (Sistem Penyimpanan Data Terpadu Internal) dan e-SAPTO. Aplikasi Si Pe Da TI, berfungsi sebagai tempat penyimpanan data Perguruan Tinggi yang open access dan menjangkau seluruh Civitas Akademika IAIN Bone bahkan di luar kampus, sementara aplikasi e-SAPTO berfungsi sebagai wadah pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) secara online.

“SiPeDaTI dan e-Sapto sangat membantu proses akreditasi seluruh Prodi yang berada di IAIN Bone. Sistem ini menggandeng pihak ketiga. Walau demikian, dana yang diperlukan untuk mengembangkan sistem ini tergolong murah. Jika IAIN Palangka Raya berminat untuk menggunakan konsultan yang sama, IAIN Bone dengan senang hati membantu”, ungkap Idrus Latif, S.Pd.I., M.Pd., pengembang sistem yang juga Staf LPM dan Dosen Tarbiyah IAIN Bone.

Sebelum kegiatan benchmarking berakhir, masing-masing LPM saling bertukar cinderamata. Tampak Ketua LPM IAIN Bone, Dr. Ridwan, M.Pd.,dan Sekretaris LPM IAIN Palangka Raya, Ihsan Mz., M.Psi.