Dalam Rangka Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan, LPM Selenggarakan Penyamaan Persepsi

Palangka Raya-Sebagai salah satu implemetasi SPMI (PPEPP) dalam salah satu siklusnya yakni “Evaluasi”, Lembaga Penjaminan Mutu adakan persamaan persepsi survei kepuasan bagi pengguna lulusan IAIN Palangka Raya di Aula Pascasarjana (29/6/2021). Kegiatan ini dihadiri seluruh Pimpinan di level Institut, Fakultas, Lembaga serta Unit. Adapun survey yang akan didiskusikan meliputi Instrumen Survey Kepuasan Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Lulusan, Pengguna Lulusan dan Mitra Kerja Sama. Keenam instrumen survey tersebut disari dari Panduan Penyusunan LED (Lampiran Evaluasi Diri), Panduan Penyusunan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan Matriks Penilaian Program Sarjana yang intinya adalah untuk melengkapi sebagian kebutuhan akreditasi 9 Kriteria BAN-PT. Instrumen yang telah disepakati akan disebarluaskan kepada seluruh objek survey.

Sesi diskusi persamaan persepsi dipandu Kapus Audit dan Pengendalian Mutu, Nur Inayah Syar, M.Pd. Inayah membuka diskusi dimulai dari penjelasan kondisi terkini (baseline) proses pelaksanaan survey di IAIN Palangka Raya. Dilanjutkan dengan bahasan tahapan survei. Pertama, survei dimulai dengan breakdown atau penentuan kebutuhan survei (blueprint) seperti keenam instrumen kepuasan survey di atas. Tahapan kedua yakni setiap unit kerja memetakan layanan apa saja yang akan dijadikan subjek survey. Seperti yang telah disinggung sebelumnya oleh Kapus Audit, IAIN Palangka Raya ada ditahapan ketiga yakni field test – FGD (penyamaan persepsi BKD). Keempat, instrumen survei diuji validitasnya kepada para pakar/ahli. Soal Instrumen yang lolos uji validitas diambil sampel atau try out untuk menguji daya beda pertanyaan survey. Terakhir adalah tahap uji reliabilitas untuk mengetahui sejauh mana instrumen dapat dipercaya untuk mengahasilkan skor yang konsisten, relatif tidak berubah walaupun diberikan situasi yang berbeda.

Kapus Audit dan Pengendalian Mutu, Nur Inayah Syar, M.Pd. memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis Instrumen Survei Kepuasan yang akan disebarkan kepada seluruh stakeholder.

Diskusi berjalan runut sistematis sampai pada kesimpulan waktu pelaksanaan dan jumlah instrumen yang akan disampaikan. Survey kepada dosen dilakukan sebelum dosen yang bersangkutan meng-input nilai mahasiswa di SIMAK. Dosen diminta mengisi survey sebanyak dua kali dalam 1 tahun. Survey kepada mahasiswa dilakukan satu kali pada saat sebelum mahasiswa melihat KHS setiap semester. Waktu pelaksanaan survey kepada pengguna lulusan dan mitra kerja sama dilakukan sama seperti survey kepada mahasiswa. Ketentuan pelaksanaan survey selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor. (rh)