Tindak Lanjut Melengkapi Data SISTER: LPM Inisiasi Bimtek Bagi Tim Pengelola

Palangka Raya-Urgensi penataan integrasi data digital antara PD-DIKTI dan SISTER telah sampai pada titik harus dilakukan. IAIN Palangka Raya yang diinisiasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu melakukan bimbingan teknis di Ruang Internet, Laboratorium Terpadu (30/6/2021). Kegiatan ini dibuka Rektor yang diwakili oleh Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag, selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan. Dalam sambutannya, Hamdanah mengatakan, ”Bimtek ini sangat penting, karena kami telah menghadap ke DIKTI bersama Akhmad Riadi, Kasubbag Organisasi Kepegawaian dan Peraturan Pemerintah (OKPP) yang diantaranya kegiatan-kegiatan dosen (baca : Tridharma perguruan tinggi) akan dikelola dan ditampilkan melalui aplikasi ini. Tim SISTER pada bimtek kali ini selanjutnya akan turun ke level fakultas untuk membantu meng-update data dosen”. Beliau melanjutkan, “Kita yang di bawah naungan berusaha maksimal untuk melengkapi seluruh kekurangan data IAIN Palangka Raya. Dengan SISTER, pekerjaan ini bisa meringankan beban kerja kepegawaian menata data SDM di IAIN palangkaraya. Mudah-mudahan tahun 2021 selesai kita benahi menyambut UIN Palangka Raya”.

BAN-PT, sebagai lembaga rujukan akreditasi eksternal, melihat pengelolaan Perguruan Tinggi melalui manajemen data digital yang datanya akurat, mutakhir, mudah diakses dan terpercaya. “Terkini, BAN-PT memperbaharui instrumen yang disebut dengan IPEPA atau Instrumen Perpanjangan Akreditasi”, ungkap Mohammad Jamaludin, Sekretaris energik LPM. Dalam tambahan penjelasannya, IPEPA adalah salah satu pilihan re-akreditasi bagi prodi yang telah terakreditasi (tidak berlaku untuk akreditasi prodi baru) yang telah diberlakukan mulai tahun 2021. Kebijakan akreditasi sebagaimana roadmap kerja BAN-PT ditargetkan tahun 2022 sepenuhnya dipantau melalui PDDIKTI masing-masing Perguruan Tinggi. IAIN Palangka Raya ditargetkan selesai berbenah data, yang ada PDDIKTI dan SISTER pada tahun 2021.

Bimtek berlangsung hangat sembari diskusi dan pertanyaan mengalir ditengah-tengah diskusi. Kepala UPT. TIPD (Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) menjelaskan alur tahapan pengisian data di SISTER. Informasi data pribadi, Kualifikasi Akademik, Kompetensi Dosen, Pelaksanaan Tridharma (baca: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penunjang), Layanan PAK, Layanan BKD, Reward (baca: Pemberian Penghargaan), Sertifikasi Dosen dan terakhir informasi Sertifikasi Dosen merupakan fitur layanan yang ditawarkan SISTER mempermudah pekerjaan Perguruan Tinggi terlebih lagi masih dalam suasana Pandemi Covid-19. (rh)

Seluruh peserta Bimtek tampak serius mengamati penjelasan dari Kepala UPT. TIPD, Nuruddin Utomo, S.Kom, mengenai tata cara pengisian aplikasi SISTER.