Rekrutmen Asesor BKD: IAIN Palangka Raya Sukses Menambah SDM Baru

Palangka Raya–Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa Dosen wajib melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat minimal 12 SKS dan maksimal 16 SKS, serta meningkatkan pengembangan kualifikasi dan kompetensi akademik secara berkelanjutan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pembinaan dan pengembangan profesi jabatan fungsional dan karier dosen. LPM dalam upaya menambah jumlah asesor Beban Kerja Dosen (BKD) memfasilitasi rekrutmen asesor BKD baru dan evaluasi bagi asesor BKD yang sudah memiliki NIRA (Nomor Induk Registrasi Asesor). Rekrutmen dan evaluasi asesor (01/7/2021) dilaksanakan di Laboratorium Internet dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tim LPM dan pendamping tanpa lelah membersamai seluruh asesor BKD lama dan calon asesor baru dalam kegiatan refreshment dan rekrutmen asesor BKD.

Saat berita ini diturunkan, LPM telah melaksanakan asesmen yang sama sebelumnya (29/4/2021) secara daring. Asesmen diikuti oleh 25 orang dosen cukup syarat mengikuti tes asesor BKD. Instrumen tes yang digunakan adalah CAT (Computer Assisted Test) secara daring dan fitur layanan BKD pada SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi). Alhasil, Tim DIKTI Kemendikbudristek menyatakan 5 orang dosen lulus tes asesor BKD. Ahmadi, Nurul Wahdah, Gito Supriadi, Atin Supriatin dan Sabarun adalah 5 dari 25 orang dosen yang lulus menjadi asesor BKD. Sementara asesor BKD yang telah ber-NIRA diberikan materi persamaan persepsi terkait rubrik penilain BKD terbaru dari DIKTI. Diharapkan seluruh asesor BKD IAIN Palangka Raya memiliki pola yang sama dalam menilai dan mengevaluasi kinerja dosen melalui LKD (Laporan Kinerja Dosen) setiap semester.

Asesmen evaluasi ditahap kedua diikuti 19 asesor BKD yang telah mengantongi NIRA juga telah diberikan pemahaman Rubrik BKD terbaru oleh DIKTI. Ditambah peserta rekrutmen yang diikuti oleh 20 orang dosen sesuai kriteria asesor BKD dari DIKTI. Instrumen masih sama yakni menggunakan CAT dan layanan BKD pada SISTER. Menurut keterangan hasil ujian secara daring, didapatkan informasi 4 orang asesor lulus asesmen evaluasi dan 9 orang lulus asesmen rekrutmen. Sehingga jumlah asesor BKD IAIN Palangka Raya sampai berita ini terbit adalah berjumlah 33 orang. (rh)

Tampak peserta evaluasi asesor BKD lama serius, fokus dan telaten mengerjakan 2 jenis tes kompetensi yang ditetapkan oleh DIKTI Kemendikbudristek.