AMI Tahun 2021 Diselenggarakan Secara Daring

Palangka Raya – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dievaluasi dan diperpanjang kembali untuk Wilayah Kota Palangka Raya. Pun demikian dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di IAIN Palangka Raya. Selama Agustus sampai September 2021, Lembaga Penjaminan Mutu melalui Pusat Audit dan Pengendalian Mutu laksanakan Audit Mutu Internal (AMI) secara daring.

AMI kali ini tidak menguji seluruh prodi/unit/lembaga, namun dilakukan kepada 4 prodi saja. Tadris Bahasa Inggris, Tadris Biologi dan Tadris Fisika adalah tiga prodi yang mendapat giliran pertama di audit dan akan disusul prodi Hukum Ekonomi Syari’ah. Pemilihan prodi diambil dengan mempertimbangkan masa habis akreditasi prodi. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya kesiapan prodi menghadapi proses pengajuan reakreditasi BAN-PT. Adapun ruang lingkup audit yang ditetapkan adalah Sumber Daya Manusia, Mahasiswa, Pendidikan/Kurikulum, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat. Ketiga isu ini ditetapkan atas kesepakatan bersama antara Auditor dan Auditee pada rapat koordinasi pra-audit.

Salah satu rangkaian kegiatan AMI tahun 2021 yang diselenggarakan di Prodi Tadris Bahasa Inggris FTIK.

Tim auditor yang bertugas pada tiap Prodi sebanyak tiga orang Auditor Mutu Internal yang tersertifikasi. Prodi Tadris Biologi diaudit oleh Dr. Mazrur, M.Ag (lead auditor), Dr. Ali Sibram Malisi, M.Ag dan Dr. Abdul Syahid, M.Pd. Prodi Tadris Bahasa Inggris diaudit oleh Dr. Sabian, M.Si (lead auditor), Yuyun Yuningsih, S.hut dan Rofi’i, M.Ag. Prodi Tadris Fisika diaudit oleh Dr. Zainap Hartati, M.Ag (lead auditor), Siti Zainap, M.A dan H. Dasuki, Lc., M.A.

Pelaksanaan AMI diawali dengan pembukaan. Pembukaan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, ketua LPM, auditor internal, para ketua prodi, staf akademik dan mahasiswa yang menjadi Auditee. Audit tiga prodi dilakukan secara bersamaan melalui media telekonferensi zoom meeting. Agenda AMI ditutup dengan closing meeting disusul dengan paparan secara singkat hasil dari AMI oleh masing-masing auditor dengan laporan hasil temuannya. Hasil dari AMI ini akan disampaikan secara komprehensif pada Ekspos Hasil AMI. Terakhir, temuan AMI akan ditindak lanjuti dalam Rapat Tinjauan Manajemen yang menurut rencana diagendakan pada tanggal 14 September 2021. (rh)