Ekspose AMI Tahun 2021: Upaya Menjaga “Siklus PPEPP” Penjaminan Mutu Internal

Palangka Raya – Melanjutkan rangkaian kegiatan Audit Mutu Internal (AMI), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya melalui Pusat Audit dan Pengendalian Mutu (APM) melaksanakan kegiatan ekpose hasil audit. 4 (empat) Program Studi yang telah diaudit di antaranya Program Studi Tadris Fisika (TFS), Tadris Biologi (TBG), Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) pada Kamis, 16 September 2021.

Kegiatan ekpose dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Dekan serta Wakil Dekan Fakultas Syariah, Kabag, Ketua Jurusan, Komite Penjaminan Mutu, Gugus Penjaminan Mutu, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi serta Auditor Mutu Internal IAIN Palangka Raya.

Kapus APM LPM, Nur Inayah Syar, M.Pd., memandu jalannya kegiatan ekspose hasil Audit Mutu Internal Tahun 2021

Tujuan dari kegiatan ekpose ini ialah untuk memaparkan hasil dari pelaksanaan audit yang telah dilakukan oleh para auditor kepada auditee. Keempat prodi yang telah diaudit adalah prodi-prodi yang akan mengajukan reakreditasi pada tahun 2022. Pelaksanaan audit diharapkan dapat menjadi salah satu cara evaluasi dalam rangka peningkatan mutu yang sesuai amanat UU No. 12 Tahun 2012. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan disambut dengan antusias yang diindikasikan dari banyaknya feedback dari auditor maupun auditee. Dari ekpose hasil audit ini, Kapus Audit dan Pengendalian Mutu (Nur Inayah Syar, M.Pd) juga menegaskan bahwa akan diadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Audit Tindak Lanjut (ATL) yang menjadi rangkaian kegiatan Audit Mutu Internal. ATL dimaksudkan agar UPPS (Fakultas), Kaprodi dan unsur lainnya dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap temuan AMI yang telah dilaksanakan. (ena)

Auditor Mutu Internal di lingkungan IAIN Palangka Raya menjelaskan beberapa temuan saat pelaksanaan audit.