AL Daring Prodi AKS, Semoga Mendapatkan Hasil Terbaik

Palangka Raya – Program Studi Akuntansi Syari’ah (AKS), Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Palangka Raya menerima kunjungan atau Asesmen Lapangan (AL) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Mempertimbangkan situasi pembatasan di masa pandemi covid-19, kegiatan Asesmen Lapangan ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) pada hari Rabu-Kamis, 29-30 September 2021. Tim asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT adalah Prof. Dr. Yadi Janwari, M.A. (Univesitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung) dan Dr. Ahmad Syarif Iskandar, M.M. (Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Dalam kesempatan itu turut hadir rektor IAIN, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. sekaligus membuka kegiatan asesmen lapangan. Dalam sambutannya, Rektor menjelaskan tentang kesiapan prodi Akuntansi Syari’ah. “Kami berkomitmen untuk mendapatkan hasil akreditasi terbaik. Oleh sebab itu dokumen dan data yang dipersiapkan prodi yang termasuk dalam kategori penilaian borang bisa mendapat penilaian maksimal”.

Tampak kesibukan yang terjadi saat berlangsungnya AL Daring Prodi AKS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Prof. Dr. Yadi Janwari, M.A saat mengawali proses asesmen lapangan menyampaikan bahwa asesmen lapangan jangan dibayangkan seperti sidak atau audit. “Kami mewakili BAN-PT ditugaskan mengkonfirmasi dan mencocokkan bukti kegiatan yang telah dideskripsikan dalam LED dan LKPS, apakah data yang ditulis telah sesuai dengan fakta di lapangan”, tegasnya.

Temu dalam jaringan tersebut menghadirkan jajaran pimpinan Fakultas, Lembaga Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, seluruh Unit Pelaksana Teknis (Perpustakaan, Pengembangan Bahasa, Ma’had Al-Jami’ah dan TIPD), Bagian Keuangan, Bagian Umum, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Satuan Pengawas Internal.

Adapun pada hari kedua pelaksanaan AL daring dilakukan wawancara dengan tenaga kependidikan, mahasiswa, dosen serta stakeholder eksternal yang telah ditetapkan oleh prodi. Dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas laboratorium dan perangkatnya yang dilakukan secara livestreaming dengan mobile camera dan zoom meeting. Dalam pengantarnya saat menutup kegiatan AL daring ini, asesor menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan Prodi AKS. “Semoga mendapatkan hasil yang terbaik”, tutupnya. (rh)

Memilih untuk “tidak lupa bahagia”, tampak tim akreditasi Prodi AKS mengabadikan momen pelaksanaan AL daring. Terlihat senyum manis yang sangat tulus walau lelah mendera fisik dan psikis.