Serah Terima Sertifikat Dosen Tahun Anggaran 2021 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta – Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu (PSM) LPM IAIN Palangka Raya, Ihsan Mz, M.Psi., menerima dokumen Sertifikat Pendidik bagi 6 orang dosen yang dinyatakan lulus sertifikasi dosen tahun 2021 (22/3). Sertifikat bukti profesionalitas dosen tersebut diberikan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen (PTPS), dalam hal ini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA). Penyerahan sertifikat disampaikan oleh Sekretaris LPM UIN Sunan Kalijaga, Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi., M.Psi, di ruang kerjanya. Sebelum serah terima, Ihsan Mz dan Nuristighfari terlebih dahulu menandatangani Berita Acara Penyerahan Sertifikat Pendidik.

Sertifikasi dosen tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dosen semata, bahwa setelah lulus sertifikasi akan mendapatkan atau berhak atas tunjangan profesi. Namun, lebih dari itu, sertifikasi ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kreativitas dosen dalam mendukung mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Beberapa agenda yang menyertai kegiatan serah terima sertifikat tersebut antara lain pembahasan evaluasi pelaksanaan sertifikasi dosen tahun 2021 dan tindaklanjutnya, sharing pengalaman seputar persiapan menghadapi akreditasi perguruan tinggi, serta bagaimana seharusnya PTKIN mengelola sumberdaya manusia yang memenuhi persyaratan mutu berdasarkan SN-Dikti dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Islam.

Adapun jadwal penyerahan sertifikat pendidik kepada dosen IAIN Palangka Raya akan dilaksanakan sekitar satu pekan setelah sertifikat dosen ini dijemput di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Enam dosen penerima sertifikat pendidik tersebut adalah:

  1. Sapuadi, bidang ilmu Pengembangan Kurikulum
  2. Ridha Nirmalasari, bidang ilmu Ilmu Kesehatan
  3. Suryanti, bidang ilmu Sejarah dan Kebudayaan Islam
  4. Nur Inayah Syar, bidang ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)
  5. Arini Safitri, bidang ilmu Psikologi Umum
  6. Muhammad Syabrina, bidang ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah