MES Awali Submit Borang Reakreditasi Prodi Melalui LEXA Milik LAM EMBA

Palangka Raya – Program Studi Magister Ekonomi Syariah (MES) submit instrumen isian/borang akreditasi melalui aplikasi LEXA milik LAM EMBA (aplikasi serupa SAPTO buatan BAN-PT) di ruang rapat Pascasarjana lantai 2 yang dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Kaprodi MES, tim penyusun borang MES serta personil dari LPM (13/5).

MES merupakan prodi pertama IAIN Palangka Raya yang yang mengirimkan borang akreditasi-nya melalui LEXA. Akreditasi pertama MES sebelumnya didapatkan dari BAN-PT dengan nilai “B” dengan masa berlaku sampai 15 Agustus 2022. Dalam sambutannya Direktur Pasacasarjana berharap besar bahwa prodi MES bisa mendapatkan hasil Baik Sekali. “Mudah-mudahan MES bisa mendapatkan nilai yang diinginkan. Kita cukup terhambat dengan pandemi. Tapi tetap semangat. Harapan Pak Rektor juga bisa Baik sekali. Dengan didampingi LPM, saya juga ikut senang memikirkan akreditasi”, ujar Direktur.

Adapun dokumen yang diunggah melalui LEXA antara lain surat pengantar dari pimpinan PT, Dokumen Evaluasi Diri (DED), Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS), dan SK Akreditasi yang berlaku sebelumnya. Proses submit ini merupakan tahapan pertama yakni penyampaian dokumen usulan akreditasi. Selanjutnya MES akan menghadapi tahapan Asesmen Kecukupan lalu Asesmen Lapangan (lihat Kriteria dan Prosedur, lampiran 2 PerBANPT Nomor 8 Tahun 2021 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi Lingkup Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi).

Pada hari berikutnya, Tadris Fisika akan menyusul MES mengirimkan borang reakreditasi melalui aplikasi SIMLAMDIK milik LAMDIK. (rh)