Tadris Fisika Susul Re-akreditasi MES Melalui LAM Kependidikan

Palangka Raya – Masa akreditasi program studi Tadris Fisika (TFS) akan berakhir pada 23 Mei 2022. TFS berkejaran dengan waktu menyusun borang reakreditasi dan diajukan melalui SIMALAMDIK (Sistem Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan). TFS susul Magister Manajemen Ekonomi Syari’ah (MES) yang telah mengirimkan borang-nya melalui LEXA. Seperti yang sudah terkonfirmasi LPM melalui Sekretaris Prodi, TFS dijadwalkan submit borang pada Sabtu, 14 Mei 2022. Temu submit borang akreditasi TFS ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Dekan dan jajaran wakil dekan, tim LPM serta tim penyusun borang TFS pun turut andil menyaksikan pengiriman borang.

LPM saat mendampingi tim TFS jelang submit borang (13/5)

TFS menjadi prodi Kependidikan pertama IAIN Palangka Raya yang mengirimkan borang reakreditasi-nya melalui SIMALAMDIK. Dalam momen ini Dekan FTIK sampaikan apresiasinya kepada tim penyusun borang TFS yang telah komitmen bekerja maksimal. “Kami berharap prodi TFS ini bisa unggul. Beberapa dosen sudah meningkatkan jenjang kualifikasi menjadi Doktor. Kita yakini bahwa kita bisa melakukan peningkatan dalam akreditasi”, ucap Dekan FTIK.

Adapun dokumen yang diunggah melalui LAMDIK antara lain SK dan Sertifikat Akreditasi PS terakhir, Surat Pengantar Pimpinan, Surat Tugas Tim APS, Surat Pernyataan Kebenaran Data, Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Data Kuantitatif. Tahapan selanjutnya adalah Validasi Kelengkapan Dokumen APS, dilanjutkan Asesmen Kecukupan (AK) lalu Validasi AK lalu Asesmen Lapangan (AL). Penetapan hasil akreditasi didapat setelah hasil AL divalidasi dan dibawa ke Rapat Majelis Akreditasi. Dalam waktu yang tidak lama juga, Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan Tadris Biologi (TBG) akan menyusul TFS. Tim tengah berusaha menyusun dan melengkapi isian borang. (rh)