Tuntaskan Penyamaan Persepsi, Auditor Mutu Siap Sukseskan Siklus AMI Tahun 2022

Palangka Raya – Usai adakan rapat penyamaan persepsi antara auditor dan auditeee yang digelar pada 24-25 Agustus 2022, AMI siklus tahun 2022 menanjak ke tahapan selanjutnya. Kali ini, para terundang hampir lengkap, mulai jajaran rektorat yaitu Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Wakil Rektor, LP2M, LPM, UPT. TIPD, serta 23 program studi yang telah setuju menjadi auditee pada gelaran AMI kali ini. Auditor dan Auditee sepakat turun lapangan pada minggu kedua bulan September.

Sementara itu, sebelum turun visitasi, Auditor akan menyampaikan hasil checklist audit dokumen kepada prodi. Checklist tersebut juga harus dilengkapi prodi agar tidak menjadi temuan yang diklasifikasikan menjadi observasi, minor, dan major.

Bulan Juni lalu IAIN juga telah menambah jumlah Auditor Mutu Internal sebanyak 36 orang yang berarti bahwa para ”Fresh Graduate” ini secara resmi akan memulai jam terbang pada gelaran AMI Siklus 2022. Secara keseluruhan ada 31 auditor yang terlibat. Auditor Mutu ini terbagi menjadi empat kluster yaitu Kluster Auditor kriteria LAMDIK (10 orang) , Kluster Auditor kriteria LAM EMBA (10 orang) , Kluster Auditor kriteria BAN-PT (6 orang) dan Kluster Auditor untuk Rektorat (5 orang).

Dalam paparannya, Nur Inayah Syar (Kapus APM) menyampaikan bahwa AMI kali ini sangat berbeda jika dibandingkan pelaksanaan AMI tahun sebelumnya. Sebab pada tahun 2022, auditor wajib mengetahui kriteria yang dinilai mengacu pada 3 lembaga akreditasi yang me-asesmen di lingkungan IAIN Palangka Raya yakni BAN-PT, LAMDIK dan LAMEMBA. “Ini menjadi peluang sekaligus tantangan. Auditor harus menjadi fast learner dalam memahami setiap kriteria yang ada pada BAN-PT, LAMDIK dan LAMEMBA. Setelah itu, dijadikan sebagai acuan dalam melakukan audit terhadap auditee”, tutup Inayah. (rh/en/imz)