Pertama di Kalimantan Tengah, Akreditasi Prodi MES Oleh LAM EMBA

Palangka Raya – Hari yang ditunggu tiba. Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (kemudian disingkat LAM EMBA) sambangi Palangka Raya dalam rangka asesmen reakreditasi program studi Magister Ekonomi Syariah pada tanggal 29-31 Agustus 2022 di aula gedung pascasarjana IAIN Palangka Raya. Tim Asesor LAM EMBA diwakili oleh Dr. Indrianawati Usman, S.E., M.Sc dan Prof. Dr. Mohammad Nur Arianto Al Arif, S.E., M.Si.

Antusiasme prodi dan segenap jajaran Pascasarjana sangat terasa selama masa tunggu kedatangan Tim Asesor LAM EMBA. Abdul Qodir sampaikan bahwa seluruh tenaga kependidikan dibawah komando Kasubbag TU Pascasarjana dikerahkan untuk membantu menyiapkan reakreditasi. “Kami akui masih ada dokumen yang harus disediakan. Kami optimis bisa lengkapi kekurangan tersebut. Sesuai arahan Direktur, seluruh tenaga kependidikan yang ada di pascasarjana sudah dibagi tugasnya untuk masih tetap melaksanakan tugas rutin pelayanan akademik sementara sebagian tendik lainnya mempersiapkan akreditasi” ujar Maulina dengan semangat.

Antusiasme ini juga lahir dikarenakan asesmen kali adalah visitasi luring pertama IAIN Palangka Raya pasca pandemi Covid-19. MES juga adalah prodi pertama yang diakreditasi oleh LAM EMBA di Kalimantan Tengah. Sehingga momen ini terasa sangat intens bagi IAIN Palangka Raya khususnya prodi MES.

Hari pertama visitasi kedatangan Tim Asesor disambut langsung oleh Rektor dengan didampingi Direktur Pascasarjana. Pembukaan juga dihadiri Tim LPM, Tim LP2M, Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Kepala UPT, Stakeholder dan Pengguna Lulusan. Dalam sambutan pembukaan, Rektor sampaikan harapannya terkait akreditasi MES bisa mendapat predikat Unggul. “Kami sampaikan bahwa IAIN Palangka Raya dalam rangka alih status telah memenuhi layak alih status kategori menjadi UIN. Hanya, saat ini PT masih perlu menambah satu prodi unggul lagi. Kita sudah ada prodi S1 PBA yang terakreditasi A. Nah, prodi MES ini kita harapkan akreditasi nanti hasilnya bisa Unggul.” ucap Khairil Anwar.

“Kami sudah siapkan evidence sesuai borang. Selebihnya kami mohon doa dan support-nya agar pelaksanaan akreditasi hari ini berjalan lancar.” tambah Muzalifah selaku Kaprodi MES disela break setelah sesi pembukaan akreditasi. (rh)