Antisipasi PEPA, LPM Adakan Sosialisasi terkait Masa Studi, Keberhasilan Studi, Tracer Study dan Survei Alumni

Palangka Raya – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) gencar laksanakan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) bagi program studi yang akan habis masa akreditasinya. Menanggapi hal ini Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya memberikan sosialisasi terkait masa studi dan keberhasilan studi mahasiswa, tracer study dan survei alumni yang akan berpengaruh besar untuk sebuah program studi agar bisa lolos dari pemantauan.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Senin, 5 Desember 2022 di aula perpustakaan lantai 3 (tiga) IAIN Palangka Raya. Dalam sambutannya ketua LPM, Sabarun, M.Pd menegaskan bahwa indikator seperti masa studi, keberhasilan studi, tracer study dan survei alumni adalah hal yang perlu dibijaksanai karena hal-hal tersebut sering bermasalah ketika pelaksanaan akreditasi program studi khususnya di IAIN Palangka Raya.

Selanjutnya Nur Inayah Syar, M.Pd selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu memaparkan mengenai pentingnya perekaman dan perencanaan sejak dini, kebijakan dalam pengambilan target survei studi, ketepatan waktu dan rata-rata studi yang harus ditindaklanjuti oleh pimpinan. Selain itu pentingnya bagi pengelola program studi untuk melibatkan lebih banyak dosen dengan kualifikasi doktor dalam proses pembelajaran, karna akan berpengaruh pada data dosen penghitung rasio.