Serius Meraih Predikat Unggul LPM IAIN Palangka Raya Ikuti Workshop Penyusunan SPMI Berbasis Akreditasi Nasional dan Internasional Di UIN SUKA Yogyakarta

Palangka Raya, 13 Maret 2023. LPM IAIN Palangka Raya turut serta dalam pelatihan penyusunan dokumen SPMI berbasis akreditasi Nasional dan Internasional di UIN SUKA Yogyakarta. Pelatihan ini adalah bagian penting dari rencana IAIN Palangka Raya menuju akreditasi unggul yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 6 hingga 11 Maret 2023. 

Pelatihan ini diisi oleh 4 narasumber dari UIN Suka Yogya dan diikuti oleh tujuh peserta dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia yaitu, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, UINSI Samarinda, IAIN Palangka Raya, IAIN Pontianak, IAIN Kediri dan Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang. LPM IAIN Palangka Raya mendelegasikan Farid Permana, M.Pd.I selaku Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu dalam pelatihan penyusunan SPMI tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Rektorat Lantai 1 gedung Saifudin Zuhri (PAU) UIN Suka ini membahas bagaimana mengidentifikasi embrio yang berpotensi menjadi pernyataan standar yang terdapat pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), membuat kalimat pernyataan standar dengan komponen ABCD dan KPI, mengolah formula Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) yang diambil dari matriks BAN PT, LAMDIK, LAMEMBA, AUN-QA dan lainnya.

Kegiatan diawali dengan sesi materi kemudian dilengkapi dengan praktek kerja membuat pernyataan standar yang sesuai ketentuan. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan ini adalah dokumen hasil identifikasi  pernyataan standar, IKU dan IKT dari beberapa lembaga akreditasi Nasional dan Internasional tersebut di atas.

Di akhir sesi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat pelatihan. Harapannya semua sivitas akademik dari kalangan pimpinan hingga pelaksana punya komitmen tinggi untuk meningkatkan mutu kampus melalui implementasi SPMI dan evaluasinya. Selain itu dokumen SPMI bukanlah dokumen pajangan namun ianya dokumen penting yang menjadi patokan kampus untuk bisa menjadi unggul. Jika masih seperti yang dulu-dulu itu, Hayhata-hayhata! (FP)