IAIN Palangka Raya Sukses Tambah 8 Orang Dosen Tersertifikasi, Ketua LPM Jemput Sertifikat Pendidik di UIN Sumatera Utara Medan

Medan – Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Palangka Raya, Sabarun, M.Pd sambangi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan pada Jum’at, 24 Maret 2023 dalam rangka penjemputan Sertifikat Pendidik bagi 8 (delapan) orang dosen IAIN Palangka Raya yang telah dinyatakan lulus sertifikasi dosen tahun anggaran 2022. Penyerahan sertifikat disampaikan oleh Dr. Sahkholid Nasution, MA selaku Ketua LPM UIN Sumatera Utara dan didampingi oleh tim LPM UIN Sumatera Utara.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7407 Tahun 2022 tentang Penetapan Kelulusan Peserta Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2022, 8 (delapan) orang yang telah dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan Sertifikat Pendidik di antaranya:

  1. Rahmad, M.Pd bidang ilmu Pendidikan Ilmu Sosial
  2. Setria Utama Rizal, M.Pd bidang ilmu Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  3. Laili Wahyunita, S.Kom., M.Cs bidang ilmu Teknologi Informasi
  4. Muhammad Husni, S.Hum., M.Hum bidang ilmu Sejarah dan Kebudayaan Islam
  5. Ihsan MZ, M.Psi bidang ilmu Bimbingan dan Konseling Islam
  6. Dr. Hj. Muslimah, M.Pd.I bidang ilmu Pendidikan Agama Islam
  7. Maimunah, M.HI bidang ilmu Akhlak dan Tasawuf
  8. Muhammad Riza Hafizi, S.E., M.Sc bidang Ilmu Manajemen

Sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk dosen setelah melalui beberapa tahapan uji kompetensi. Sertifikasi dosen bertujuan untuk (1) menilai profesionalisme dosen guna menentukan kelayakan dosen (2) melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran di perguruan tinggi, (3) meningkatkan proses dan hasil pendidikan dan (4) mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Sertifikat Pendidik yang telah diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Tidak hanya melakukan pengambilan sertifikat pendidik, bak peribahasa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui Ketua LPM juga melakukan eksternal benchmaring terkait proses penjaminan mutu yang telah dilaksanakan oleh UIN Sumatera Utara seperti penggunaan aplikasi e-SPMI, proses pelaksanaan MONEV (monitoring & evaluasi), pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dan penerapan aturan terbaru terkait kewajiban khusus dosen.