Profil

Kebijakan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Rumusan kebijakan mutu IAIN Palangka Raya adalah perguruan tinggi agama Islam pencetak sumber daya manusia yang unggul, terpercaya dan berkarakter di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Sasaran Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Sasaran Mutu IAIN Palangka Raya adalah terpenuhinya mutu IAIN Palangka Raya sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan tujuh standar BAN PT menuju Standar Asean World Stars untuk mendukung kelayakan perubahan IAIN menjadi UIN pada tahun 2023 dengan standar minimal sebagai berikut:

  1. 100% seluruh sivitas akademika IAIN Palangka Raya memahami dan bekerja ke arah tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran institusi.
  2. Seluruh program studi jenjang/strata S-1/S-2 terakreditasi minimal B pada tahun 2019.
  3. 85% lembaga dan sistem manajemen penjaminan mutu IAIN Palangka Raya dapat memenuhi standar SNPT/BAN PT/ISO 9001:2008 dan IAIN Palangka Raya terakreditasi B dan Asean World Stars pada tahun 2023.
  4. Jumlah mahasiswa IAIN Palangka Raya mencapai 5 ribu lebih pada tahun 2023.
  5. Minimal jumlah mahasiswa asing di IAIN Palangka Raya mencapai 30% atau lebih pada tahun 2019.
  6. Minimal mahasiswa IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas memperoleh penghargaan/prestasi lomba karya ilmiah/seni/kaligrafi/olah raga/pramuka di tingkat regional, nasional/internasional setiap tahun.
  7. 95% prestasi belajar mahasiswa IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas per-semester IPK rata-rata >3,0.
  8. 100% mahasiswa IAIN Palangka Raya lulus ujian baca tulis Al-Qur’an dan praktek ibadah.
  9. 85% mahasiswa IAIN Palangka Raya lulus ujian kompetensi bahasa Inggris/Arab dengan skor 500 dan memperoleh IPK >3,0.
  10. Minimal 75% mahasiswa IAIN Palangka Raya lulus tepat waktu.
  11. 40% lulusan IAIN Palangka Raya terserap lapangan kerja pada tahun pertama hingga tahun kedua.
  12. 40% lebih dosen IAIN Palangka Raya bergelar doktor dan tiga orang dosen/lebih bergelar guru besar pada tahun 2019.
  13. 100% data Evaluasi Diri IAIN Palangka Raya (tujuh standar BAN PT) tersedia lengkap di PDPT.
  14. Seluruh fakultas dan pascasarjana IAIN Palangka Raya memiliki perpustakaan, jumlah buku sesuai program studi menimal 1000 yang dilengkapi digital library.
  15. Seluruh fakultas memiliki server SIMAK.
  16. 100% dosen IAIN Palangka Raya melakukan satu penelitian dan satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat setiap semester.
  17. IAIN Palangka Raya memiliki jurnal nasional terakreditasi di seluruh fakultas pada tahun 2019.
  18. Minimal 50% hasil penelitian dosen IAIN Palangka Raya terpublikasi di jurnal ilmiah nasional terakreditasi setiap tahun.
  19. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas memperoleh penelitian hibah bersaing nasional setiap tahun.
  20. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas hasil penelitiannya terpublikasi di jurnal ilmiah internasional setiap tahun.
  21. Hasil penelitian dosen IAIN Palangka Raya dari seluruh fakultas ada yang memperoleh HAKI atau terdaftar dalam indeks Scopus.
  22. IAIN Palangka Raya menyelenggarakan seminar internasional minimal satu tahun sekali.
  23. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas menjadi invited speaker pada forum ilmiah regional/nasional/internasional setiap tahun.
  24. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas menjadi penyaji pada forum ilmiah regional/nasional/internasional setiap tahun.
  25. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas memperoleh penghargaan ilmiah tingkat regional/nasional/internasional setiap tahun.
  26. Minimal 1 orang dosen IAIN Palangka Raya dari setiap fakultas memperoleh penghargaan/jasa pengabdian kepada masyarakat tingkat regional/nasional/internasional setiap tahun.
  27. Minimal IAIN Palangka Raya melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam/luar negeri setahun sekali.

Konsep Penjaminan Mutu IAIN Palangka Raya

Penjaminan mutu IAIN Palangka Raya dilakukan dengan siklus plan-do-check-action (PDCA) yang terdiri dari penetapan standar mutu (plan), pelaksanaan atau pemenuhan isi standar (do), pengendalian mutu (check) dan tindakan yang diperlukan untuk pemenuhan standar mutu (action). Apabila pemenuhan standar telah terealisasi, maka perlu dilakukan peningkatan dan pengembangan standar mutu (continuous improvement) yang baru dengan mempertimbangkan masukan dari stakeholders dan kemampuan institusi IAIN Palangka Raya.