LPM Ekspose Hasil Evaluasi Program Kerja Tahun Berjalan, Tahun 2024 Program Kerja Harus Berlandaskan Mutu

Palangka Raya – 4 bulan menjelang berakhirnya tahun 2023, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melakukan review serta evaluasi terhadap program kerja seluruh Fakultas, Pascasarjana, Unit, Lembaga dan Rektorat. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi program kerja yang masih belum sesuai dengan tuntutan dalam Instrumen Akreditasi 9 Kriteria (BAN-PT, LAM-DIK dan LAM-EMBA) agar dilakukan penyesuain (revisi/perbaikan) program kerja pada revisi anggaran bulan Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023 ini dibuka langsung oleh Rektor dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta seluruh Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana beserta seluruh jajarannya. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I menyampaikan bahwa, “Kegiatan ekspose hasil evaluasi program kerja seperti ini adalah hal yang sangat penting untuk selalu dilakukan dan dijaga bersama agar anggaran yang ada di IAIN Palangka Raya dapat selalu berjalan pada rel dan template borang akreditasi sembilan kriteria”. Dalam paparan awal ekspose Dr. Muhammad Nasir, M.Pd selaku Ketua LPM menyampaikan beberapa program kerja di Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang masih belum mendukung pemenuhan tuntutan borang akreditasi program studi dan meminta agar diperbaiki sesuai catatan-catatan yang telah diberikan.

Program kerja harus difokuskan pada pemenuhan kriteria 9 (Sembilan) kriteria diurutkan dari kriteria yang mempunyai bobot paling banyak, yaitu kriteria 9 (Sembilan) Luaran dan Capaian Tridharma, kriteria 6 (enam) Pendidikan, kriteria 4 (empat) Sumber Daya Manusia dst. Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Nur Inayah Syar, M.Pd juga menekankan bahwa beberapa capaian standar pada program kerja tidak dapat dilaksanakan dalam waktu singkat karena bersifat kuantitatif, sehingga kedepannya harus ada perencanaan yang sistematik, baik, dan matang.