Tuntas, LPM adakan BIMTEK Penggunaan SISTER ke seluruh Fakultas di IAIN Palangka Raya

Palangka Raya – Menindaklanjuti kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penggunaan aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) untuk pelaporan beban kerja dosen pada tanggal 16 Februari 2024 Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) tuntaskan kegiatan BIMTEK penggunaan SISTER ke seluruh fakultas di lingkunganInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. BIMTEK dilaksanakan secara bertahap dimulai dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) pada tanggal 22 Februari 2024 bertempat di Aula FUAD/Gedung perkuliahan FUAD Lt. 3 , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada tanggal 23 Februari 2024 bertempat di ruang munaqasyah FEBI, Fakultas Syariah (FASYA) pada tanggal 27 Februari 2024 bertempat di Ruang Rapat Fakultas Syariah dan terakhir Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) pada tanggal 28 Februari 2024 bertempat di Aula Gedung Bundar Asmaul Husan IAIN Palangka Raya.

Kegiatan BIMTEK ini didampingi langsung oleh Ibu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembangaan Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa, penggunaan SISTER untuk pelaporan beban kerja dosen dan kewajiban khusus dosen adalah sebuah keniscayaan yang mau tidak mau, suka tidak suka harus kita lakukan karena hal ini telah diamahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi dalam Surat Edaran Nomor 5436/E4/DT.04.01/2022 perihal pelaporan BKD pada SISTER.

Kegiatan BIMTEK ini dibawakan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu (PSM) Muhammad Redha Anshari, S.E., M.Hum., yang dimulai dengan pembuatan/pendaftaran akun SISTER bagi dosen yang belum memiliki, melengkapi serta mengupdate data diri, jabatan fungsional, kepangkatan, sertifikasi dosen dan dilanjtkan dengan pengisian data tridharma (Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Setelah data-data tridharma terisi baru dilanjutkan dengan materi pelaporan beban kerja dosen dan kewajiban khusus.

Sebagai tindaklanjut kegiatan ini, pada bulan Maret 2024 ini LPM akan mengadakan kegiatan refresmen dan rekrutmen Asesor BKD untuk menambah jumlah asesor internal di IAIN Palangka Raya. LPM juga akan terus menginfokan dan mengupdate jadwal pelaporan BKD dan Kewajiban Khusus Dosen agar dosen di lingkungan iAIN Palangka Raya punya waktu yang cukup untuk melaporkan kegiatan tridharmanya.