Tingkatkan Mutu Lulusan, IAIN Palangka Raya Gelar Seminar Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Palangka Raya – Kelayakan kompetensi lulusan menjadi pendorong utama bagi perguruan tinggi untuk terus berinovasi untuk menciptakan lulusan yang bermutu. Melihat Dunia usaha dan dunia industri juga menuntut lulusan Perguruan Tinggi bukan hanya memiliki kemampuan akademik namun juga telah siap terjun di bidang pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Untuk menjawab tuntutan tersebut, PT  kemudian memaksimalkan berbagai program yang mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan generik lulusan, salah satunya melalui implementasi kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Seminar bertajuk “Kurikulum Berbasis OBE dan Sinergitasnya dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” digelar pada hari Kamis, 7 Maret 2024 dan bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Dalam sambutannya WR 1 menyampaikan terkait rencana peninjauan kurikulum yang akan dilakukan oleh sejumlah Prodi di IAIN Palangka Raya dalam waktu dekat.

“Pengetahuan terkait Kurikulum Berbasis OBE dan pelaksanaan Program MBKM sangat penting untuk diaplikasikan  oleh pengelola Prodi dan dosen agar dapat  mencapai Standar Luaran Pendidikan, dalam hal ini Standar Kompetensi Lulusan IAIN Palangka Raya.”

Seminar ini menghadirkan narasumber Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si, seorang Dosen dari Universitas Negeri Surabaya yang telah memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan dan pengembangan kurikulum. Beliau membahas terkait landasan dan latar belakang pengaplikasian kurikulum berbasis OBE dan MBKM, struktur kurikulum, hingga teknis analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)  yang harus dilakukan oleh setiap Prodi dalam setiap siklus kurikulum.

Para peserta yang terdiri dari jajaran Dekanat, Ketua Prodi,  dan dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya mengikuti kegiatan dengan sangat antusias. Pertanyaan dan tanggapan dilontarkan peserta secara bergiliran untuk memperoleh penjelasan terkait hal-hal yang berkaitan dengan rencana revisi dan peninjauan ulang kurikulum di setiap Prodi.

Foto Bersama Peserta Seminar dan Narasumber

Melalui kegiatan seminar ini dapat disimpulkan beberapa hal yang perlu dibenahi oleh Peguruan Tinggi, Fakultas, dan Prodi dalam waktu dekat yaitu perumusan CPL Perguruan Tinggi untuk mendukung visi kelembagaan PT, penyederhanaan CPL di setiap mata kuliah, serta pelaksanaan analisis CPL, CPMK dan Sub-CPMK di setiap Prodi.  Dengan adanya kegiatan ini, peserta workshop diharapkan dapat melakukan tinjauan dan pengembangan kurikulum guna menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan siap terjun di dunia kerja. (nis)

Tinggalkan Balasan