Tambah Jumlah Asesor, LPM adakan Rekrutmen dan Refreshment Asesor BKD IAIN Palangka Raya

Palangka Raya – Beban Kerja Dosen (BKD) adalah sejumlah tugas yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen sebagai tugas institusional dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya pada pendidikan dalam konteks Tridharma Perguruan Tinggi. BKD juga merupakan alat ukut untuk pembinaan dan pengembangan profesi dan karier dosen. Penilaian BKD dosen IAIN Palangka Raya akan dilakukan secara tersistem melalui SISTER, sehingga tim penilai (asesor) BKD wajib memiliki Nomor Identifikasi Registrasi Asesor (NIRA) yang berlaku secara nasional, sesuai dengan surat edaran Kemendikbud Ristek nomor 0266/E4/KK.00/2022 khususnya tertera pada poin 2 dan 3 serta dalam rangka peningkatan mutu asesor berstandar Nasional.

Untuk menjawab kebutuhan jumlah asesor yang dapat bertugas di setiap Fakultas sesuai dengan keilmuan setiap dosen yang dinilai, maka LPM IAIN Palangka Raya kembali mengadakan kegiatan Rekrutmen dan Refreshment Asesor BKD tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Maret 2024 secara daring melalui Ruang Zoom Meeting dan dihadiri oleh 35 orang peserta calon asesor.

Pembukaan kegiatan diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Beliau mengapresiasi diadakannya kegiatan rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jumlah asesor BKD di IAIN Palangka Raya. Hal ini juga sejalan dengan rencana penggunaan SISTER di IAIN Palangka Raya secara serentak dan menyeluruh yang akan dimulai pada semester genap tahun akademik 2023-2024.

“Semoga seluruh peserta rekrutmen asesor BKD ini dapat mengikuti kegiatan secara penuh dari awal hingga akhir, mulai dari pemaparan materi hingga tes kompetensi dan keterampilan, agar dapat mendapatkan skor yang maksimal dan lulus hingga memperoleh NIRA Nasional.”

Materi pelatihan asesor BKD ini disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Karier Pendidik Kemendikbudristek, Bpk. Iwan Winardi, S.Pd., M.Pd yang memaparkan materi Arah kebijakan BKD dan Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko dari tim BKD Pusat Kemdikbudristek dengan paparan materi tentang Rubrik dan Matriks PO BKD Tahun 2021, serta dibantu oleh Bpk. Rizky Tito Prasetyo (tim sister BKD), Ibu Puput Puspita Rakhman dan Ibu Erna Yuliaresta (Staf Subkoordinator Karier Pendidik), yang  menjelaskan tentang teknis dan langkah-langkah pengisian data BKD di Aplikasi SISTER dan sekaligus sebagai pemandu dalam test kompetensi dan keterampilan bagi para peserta secara online melalui Zoom.

Atensi yang cukup besar diberikan oleh setiap peserta sepanjang pemaparan materi hingga tanya jawab. Kegiatan berakhir pada pukul 16.00 dengan jumlah peserta yang masil relatif lengkap. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini cukup memuaskan sesuai dengan target pelaksanaan rekrutmen. Sebelumnya IAIN Palangka Raya telah memiliki 18 orang asesor dengan NIRA nasional. Dengan adanya  kegiatan rekrutmen ini, jumlah asesor mengalami peningkatan sebanyak 13 orang dosen yang lulus dalam test kompetensi dan keterampilan. (nis)