AL LAMDIK pertama prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangkaraya

Palangkaraya (12/11/2024)- Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) kunjungi IAIN Palangka Raya untuk melaksanakan kegiatan asesmen lapangan akreditasi pertama bagi program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab. Asesor yang ditugaskan melakukan visitasi, yaitu Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Asesor 1, dan Dr. Anin Nurhayati., M.Pd.I dari Institut Agama Islam Negeri Tulungagung sebagai Asesor 2. Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 11-12 November 2024 bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Palangka Raya.

 

Kegiatan Awal Pembukaan Asesmen Lapangan

Kegiatan dimulai dengan Pembukaan Asesmen Lapangan oleh Rektor IAIN Palangka Raya turut dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Direktur dan seluruh jaajrannya. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan kesiapan tim akreditasi membantu berjalannya proses asesmen. Rektor juga menyampaikan bahwa prodi PBA ini adalah prodi langka di Kalimantan Tengah. Ditengah itu banyak pondok pesantren (lembaga pendidikan) yang membutuhkan support alumni yang harus diserapSehingga berdirinya

Hari ke-1 Asesmen Lapangan: Fokus pada Interaksi dengan Berbagai Pihak

Pada hari pertama, asesmen lapangan diprioritaskan dalam sesi interaksi dengan berbagai pihak terkait. Ini termasuk sesi dengan Unit Pengelola Program Studi (UPPS),  LPM dan LP2M, para dosen, tim task force, mahasiswa, alumni, dan pengguna eksternal/stakeholder. Tujuan dari sesi-sesi ini adalah untuk mendapatkan pandangan holistik tentang kualitas program studi dari berbagai perspektif yang berbeda.

 

 

Hari ke-2 Asesmen Lapangan: Observasi dan Evaluasi

Pada hari kedua, fokus utama adalah pada observasi langsung terhadap pembelajaran dan praktik mengajar yang berlangsung di lingkungan program studi. Asesor mengamati secara langsung bagaimana proses pembelajaran berlangsung, memberikan ruang bagi mereka untuk menilai efektivitasnya. Asesor juga mengunjungi sarana dan prasarana yang menjadi penunjang aktivitas pendidikan prodi MPBA.

 

Setelah observasi, dilakukan sesi penyampaian feedback kepada pihak terkait. Feedback yang diberikan bertujuan untuk memberikan masukan konstruktif yang dapat membantu dalam perbaikan dan pengembangan program studi ke depan. Selanjutnya, berita acara asesmen lapangan ditandatangani sebagai tanda penyelesaian kegiatan asesmen.

Penutupan Kegiatan Asesmen Lapangan

Kegiatan asesmen lapangan ditutup dengan harapan bahwa hasil dari asesmen ini dapat menjadi pijakan untuk peningkatan kualitas program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya. Langkah-langkah lanjutan yang akan diambil berdasarkan hasil asesmen ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. (rh/mar/mep)